Jaksa Menyapa Kajari Solsel di RRI Padang

Pada hari Kamis tanggal 2 Juli 2020 pukul 10.00 Wib Kejaksaan Negeri Solok Selatan melaksanakan kegiatan JAKSA MENYAPA di LPP RRI PADANG.

Bahwa dalam kegiatan Jaksa Menyapa tersebut hadir sebagai Narasumber adalah Muhammad Bardan,SH.MH (Kajari Solok Selatan), Andri Herdiansyah,SH.MH (Kepala Seksi Intelijen), dan Tri Nurandi Sinaga, SH (Jaksa Fungsional) dengan dipandu oleh Ibu Mira.

Bahwa tema yang di sampaikan adalah “TINDAK PIDANA ITE, JARIMU HARIMAU MU, BIJAK BERMEDSOS”.

Bahwa Kajari menegaskan bahwa masyarakat sebagai subjek dalam aturan hukum haruslah diberikan pengetahuan mengenai hukum agar dapat bijaksana dalam setiap berperilaku, sebab masih saja ada orang melakukan suatu perbuatan yang melanggar hukum tanpa tahu dia melakukan perbuatan yang benar atau salah. Seperti cara dalam Bermedia Sosial dalam perkembanganya setiap orang dapat mengakses berbagai macam hal dan berkomunikasi dengan siapapun, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan setiap orang melakukan perbuatan yang telah dilarang dalam aturan dalam hal ini Undang-Undang No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang mengatur berbagai macam cara berperilaku yang sesuai agar tidak menimbulkan sebuah permasalahan.

Bahwa selanjutnya dalam kesempatan tersebut Kasi Intelijen, Sdr. ANDRI HERDIANSYAH,SH.MH bersama dengan Jaksa Fungsional Sdr. TRI NURANDI SINAGA,.SH menyampaikan materi mengenai definisi ITE, ruang lingkup perbuatan yang masuk dalam pelanggaran/kejahatan ITE, langkah-langkah agar terhindar dari tindak pidana ITE, peran Kejari Solok Selatan dalam memberikan pengetahuan dan kesadaran hukum kpd masyarakat khususnya berkaitan dgn UU ITE, pembahasan beberapa contoh kasus tindak pidana ITE di wilayah hukum Solok Selatan, serta dilanjutkan dengan tanya jawab dengan pendengar radio RRI.

Bahwa diakhiri acara, Kepala Kejaksaan Negeri Solok Selatan juga menyampaikan beberapa kegiatan yang sedang dilaksanakan secara intensif dgn tetap menerapkan protokol kesehatan selama masa new normal dalam rangka memberikan pelayanan hukum yg baik serta mendekatkan hukum kepada masyarakat melalui kegiatan Jaksa Masuk Sekolah, Upeti (unit pengantaran tilang, rumah gadang Adhyaksa sbg sarana untuk melakukan kegiatan penerangan dan penyuluhan hukum kepada masyarakat setempat.

Bahwa kegiatan Jaksa Menyapa berakhir sekira pukul 11.00 Wib dengan berjalan aman,tertib dan lancar.