Kajati Sumbar Turut Hadiri Rapat Koordinasi Pengamanan Idulfitri di Gubernuran

Pada hari Senin tanggal 18 Mei 2020, bertempat di ruang Kerja Gubernur Sumatera Barat, dilaksanakan Vicon Rapat Koordinasi tentang Pengamanan dan Penegakan Protokol Kesehatan dalam Rangka Menyambut Idul Fitri 1441 H.

Acara Vicon di pimpin oleh Mentri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan R.I, dalam acara vicon di hadiri Oleh :
1 Gubernur Sumbar
2 Wakil Gubernur Sumbar
3 Kajati Sumbar
4 Kapolda Sumbar
5 Danrem
6 BNPB

Vicon di mulai pada pukul 14.50 Wib masalah yang di angkat adalah masalah mudik kebaran dan sholat idul fitri, bahwa secara yuridis kegiatan keagamaan yang dilakukan secara masif dilarang, sesuai dengan peraturan mentri kesehatan dan peraturan presiden, supaya penyebaran covid-19 dapat di tekan, sehingga kegiatan sholat Id di sarankan atau dihimbau dilakukan di rumah masing-masing.

Forkopinda di daerah diminta untuk melakukan penegakan ptotokol kesehatan dan memperhatikan kebijakan pemerintah.
untuk daerah hijau boleh melakukan sholat Id dengan ketentuan :

  1. melaporkan Jumlah jamaah dan tempat pelaksanaan sholat seperti d lapangan dan melarang dilakukannya menjalankan kotak infak.
  2. sosialisasi kesehatan sebelum sholat dan sesudahnya, selalu di terabkan jaga jarak sosial distensing.
  3. pengamanan dari pihak kepolisian terhadap jalannya ibadah tersebut.

Dengan demikian pemerintah tetap mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan sholat Id di rumah agara tidak muncul lagi klaster2 baru, tetapi kalau ada masyarakat melaksanakan kegiatan sholat id, maka pihak keamanan tetap melakukan pengamanan terhadap jalannya ibadah sholat id, dan juga tetap melakukan penegakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak.