Launching Sistem Informasi Layanan Terintegrasi

Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat melaunching Sistem Informasi Layanan Teringrasi untuk melaksanakan kegiatan Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Bersih Melayani di Lingkungan Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat.

Kajati Sumbar Amran SH MH dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih, atas kesediaan dan waktu luang Bapak dan Ibu sekalian yang telah hadir pada pagi hari ini. Karena memang kegiatan pagi ini merupakan satu bentuk sosialisai bagi kita ersama. Secara tekhnis, memang harus disaksikan oleh kita bersama.

Saya kira, apa yang akan dicanangkan dan dilakukan LAUNCHING pada pagi ini, kita semua sudah mengetahuinya. Karena kegiatan ini merupakan rangkaian pengungkit bagi pelaksanaan program nasional dibawah koordinasi Kementerian PAN RB. Yang diamanatkan sesuai Peraturan MenPAN/RB Nomor 52 tahun 2014 tentang Pembangunan Zona Integritas WBK menuju WBBM di lingkungan Instansi Pemerintah.

Alhamdulillah, Pada tanggal 10 Desember 2019 Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat telah mendapatkan predikat WBK dari Kementerian PAN RB, dan dilanjutkan dengan Pencanangan bersama Pembangunan ZI WBK menuju WBBM pada tanggal 3 Februari 2020.

Alhamdulillah, Pada tanggal 10 Desember 2019 Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat telah mendapatkan predikat WBK dari Kementerian PAN RB, dan dilanjutkan dengan Pencanangan bersama Pembangunan ZI WBK menuju WBBM pada tanggal 3 Februari 2020.

Terkait kegiatan untuk mewujudkan WBBM, ada lima kunci penting yang merupakan target untuk mewujudkan WBBM, yaitu :

  • Perubahan Mindset dan culture set
  • Kemudahan Pelayanan;
  • Pembuatan Program yang Menyentuh Masyarakat;
  • Monitoring dan Evaluasi.
  • Manajemen Media

Tentunya, Sistem Informasi layanan yang akan kita LAUNCHING pada pagi hari ini sudah mencakup dari lima kunci keberhasilan tadi.

Dapat saya jelaskan pada masing masing layanan tersebut :

  1.   SILABINA NEXT G, adalah Layanan yang dikembangkan dari SILABINA sebelumnya dimana sudah memberikan kemudahan pelayanan internal untuk pegawai dalam urusan gaji maupun kepegawaian.
  2.   E-DATUN adalah Program yang dibuat bidang DATUN untuk masyarakat dan dapat diakses secara online dengan tujuan memberikan pelayanan hukum secara gratis.
  3.   E-SANTIANG (SISTEM ANTISIPASI INTELIJEN TANGGAP) adalah Program bidang intelijen yang bertujuan agar bidang Intelijen dapat melakukan monitoring terhadap tugas dan fungsi dengan melibatkan laporan pengaduan atau Lapdu TIPIKOR dari Masyarakat.
  4.   DRIVE THRU PTSP, adalah percepatan waktu pelayanan kepada pihak eksternal yang hanya akan mengantar surat sehingga taqline 30 detik siap bisa terwujud.

          Saya harapkan dengan adanya LAUNCHING program pelayanan hari ini, merupakan pemacu semangat kita secara bersama baik di lingkungan Kejaksaan Tinggi Sumbar maupun pada satuan kerja Kejari dan Cabang Kejaksaan Negeri se Sumatera Barat untuk meraih Zona Integritas WBK dan WBBM. Karena pembangunan Zona Integritas ini tidak hanya seremonial hari ini saja, tetapi merupakan aksi yang berkelanjutan. 

Saya kira, kita semua mempunyai satu komitmen, mendukung perobahan untuk hal yang lebih baik. Maka, dengan kegiatan pagi ini , kita harapkan hasil yang positif untuk pelaksanaan tugas penegakan hukum di Sumatera Barat, utamanya dalam hal pelayanan publik di Kejaksaan.