Pelantikan Wakajati Sumbar Berlangsung Khidmat

Heri Jerman SH MH menggantikan posisi Irdam sebagai Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, setelah Irdam mendapatkan promosi menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Aceh. Heri Jerman sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Umum Kejaksaan Agung RI.

Prosesi pelantikan Heri Jerman berlangsung di gedung Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, Kamis (18/10). Pelantikan dan serah terima jabatan dari Irdam kepada Heri Jerman dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Priyanto atas nama Jaksa Agung H. M. Prasetyo.

Kajati Sumatera Barat Priyanto dalam pidato pelantikan tersebut menegaskan, mutasi dan promosi jabatan adalah suatu bagian dari kehidupan organisasi yang dinamis. Tujuannya adalah dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, pembinaan karier serta upaya penyegaran dan peningkatan kinerja.

Dia mengingatkan kepada Wakajati yang baru dilantik agar dapat menyesuaikan diri dan memahami bidang tugas baru yang diamanahkan. Dia juga berharap agar senantiasa dapat memberi masukan positif dan konstruktif dalam menunjang keberhasila penegakan hukum.

“Saya berharap agar Wakajati yang baru dapat menyesuaikan diri, memahami tugas yang baru dan menjalankan dengan penuh tanggung jawab, santun dan berwibawa,” katanya.

Dia menegaskan, permasalahan sekecil apapun sangat penting untuk segera ditindaklanjuti. Kehadiran pejabat baru di tengah lingkungan yang baru harus mampu menghadirkan keteladanan dan semangat untuk maju.

Dalam kesempatan itu, Priyanto juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Irdam atas pengabdian selama di Kejati Sumatera Barat. Dia berpesan agar terus meningkatkan kinerja di tempat yang baru dengan posisi baru yang lebih tinggi.

Heri Jerman menggantikan posisi Irdam sebagai Wakajati Sumatera Barat berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung RI nomor KEP-157/A/JA/09/2018 tanggal 14 September 2018. Irdam dipercaya menjadi Kajati Aceh.

Selain Heri Jerman, Kajati Sumatera Barat juga melantik Moch Eko Joko Purnomo SH sebagai Koordinator pada Kejati Sumatera Barat. Eko sebelumnya merupakan jaksa fungsional pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus dan anggota Satuan Tugas Khusus (Satgassus) pada Kejagung RI. (***)