Pemusnahan Barang Bukti Perkara Pidum Yang Yelah Diputus Oleh PN Padang Panjang

Pada hari Jumat tanggal 28 Februari 2020 sekira pukul 09.15 Wib bertempat di Mako Brimob Batalyon B Pelopor Padang Panjang, Kejaksaan Negeri Padang Panjang melalui Bidang Seksi Tindak Pidana Umum dan Bidang Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) melaksanakan kegiatan Pemusnahan Barang Bukti perkara Tindak Pidana Umum yang telah diputus oleh PN Padang Panjang dan mempunyai kekuatan hukum yang tetap (Inkracht).

Adapun barang bukti yang dimusnahkan adalah Barang Bukti dalam perkara An.Terpidana Muhammad Hasby Bin Aswanur Pgl Hasby melanggar UU Darurat RI No 12/1951 tentang mengubah Ordonantietjidelijke Bijzonderestraftbepalingen (STBL 1948 Nomor 17 dan UU RI dahulu Nomor 8 Tahun 1948) PDM: No.20/PPJNG/Eku.2/09/2019 dengan JPU : Riza Ardiansyah,SH., Arif Fansuri,SH.,MH., Mevina Nora, SH dan Putusan PN.Padang Panjang No.64/PID.SUS/2019/PN.Pdp tanggal 18 Desember 2019.

Barang Bukti yang dimusnahkan tersebut adalah :

  • 1(satu) pucuk senjata api jenis pistol merek Pindad warna silver dengan gagang berwarna hitam beserta 6 (enam) butir amunisi aktif terpasang di magazine.
  • 1 (satu) pucuk senjata api rakitan jenis revolver warna silver dengan gagang berwarna coklat yang dibalut isolasi/lakban bening beserta 4 (empat) butir amunisi aktif terpasang di silinder.
  • 1 (satu) buah holster bahan kanvas warna hitam merek proyektil.

Dalam acara tersebut yang hadir adalah :

  • Kajari Padang Panjang Dwi Indrayati,SH.MH.
    -Komandan Batalyon Pelopor B Padang Panjang Kompol Subagio.
    -Ketua PN Padang Panjang Supardi,SH.MH.
    -Kapolres Padang Panjang yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol Rudi.M.
    -Kasi Pidum Kejari Padang Panjang Riza Ardiansyah,SH.
    -Kasi PB3R Kejari Padang Panjang Quatra Fitraza,SH.ST.MH.
    -Kasi Intelijen Kejari Padang Panjang Teguh Irawan,SH.
    -Kasi Datun Kejari Padang Panjang Minang Zazali,SH.
    -Kasubsi UHE Pidum Kejari Padang Panjang M.Albar Al Fajri,SH.MH.
    -Kasubsi Tut Pidum Kejari Padang Panjang Arif Fansuri,SH.MH.
    -Jaksa Fungsional Pidum Kejari Padang Panjang Bertha Ningsih,SH dan M.Rikzan Nuari,SH.
    -Pegawai TU dan Honor Kejari Padang Panjang
    -Anggota Brimob Batalyon Pelopor B Padang Panjang.

Dalam acara tersebut diawali dengan sambutan dari Kajari Padang Panjang kemudian sambutan dari Dan Yon Brimob Pelopor B Padang Panjang, lalu pembacaan barang bukti yang akan dimusnahkan serta pembacaan doa.

Bahwa proses pemusnahan barang bukti tsb dilaksanakan sbb :
-Anggota Brimob mengecek dan memeriksa barang bukti jenis senjata api (senpi) tersebut.
-Kemudian 6 (enam) butir amunisi aktif yg ada di dalam magazine pistol merek pindad dikeluarkan,lalu setelah amunisi tsb semua dikeluarkan kemudian amunisi tersebut dibelah dengan cara digunting menggunakan tang besi untuk mengeluarkan bubuk mesiu dari dalam amunisi tersebut..setelah dikeluarkan bubuk mesiu nya dari amunisi yang sudah dibelah tsb lalu bubuk mesiu yang terkumpul ditaburkan di kertas aluminium dan selanjutnya dibakar.
-Kemudian pistol merek Pindad warna silver dan senjata api rakitan jenis revolver dihancurkan dengan menggunakan mesin gurinda pemotong dengan cara dipotong dibelah dengan mesin gurinda tsb menjadi beberapa bagian sampai tidak berbentuk lagi..
-kemudian setelah dipotong semuanya dikumpulkan dan diperiksa kembali oleh anggota brimob untuk memastikan bahwa senpi tsb tdk bisa digunakan lagi dan anggota brimob memberikan keterangan bahwa ke 2 (senpi) tsb sudah tdk bs digunakan lagi.
-bahwa kemudian dilakukan penandatanganan BA Pemusnahan Barang Bukti.
-bahwa setelah semua barang bukti tsb dimusnahkan lalu dimasukkan kembali ke dalam kotak tempat barang bukti yang selanjutnya dibawa kembali ke Kantor Kejari Padang Panjang.
-Bahwa kemudian dilakukan sesi fhoto bersama dan pemberian piagam penghargaan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Padang Panjang kepada Dan Yon Brimob Pelopor B Padang Panjang.