Penyuluhan dan Penerangan Hukum Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa Tingkat Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kota Pariaman

Bahwa pada hari Kamis tanggal 4 April 2019 pukul 10.00 Wib bertempat di Balairung Walikota Pariaman telah di laksanakan kegiatan Penyuluhan dan Penerangan Hukum Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa Tingkat Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kota Pariaman.

Adapun yang hadir dalam acara tersebut adalah :
1. Walikota Pariaman
2. Kepala Seksi Bidang Intelijen Kejaksaan Negeri Pariaman
3. Kepala Dinas DPMD Kota Pariaman
4. Pimpinan OPD Kota Pariaman
5. Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kota Pariaman

Adapun informasi yang di peroleh dari kegiatan tersebut adalah :

1. Acara di buka oleh Kepala Dinas DPMD Kota Pariaman yang menyampaikan bahwa pada tahun ini dana desa di setiap desa bertambah dari tahun sebelumnya, maka dari itu perlu dilakukan pengelolaan yang lebih baik dalam pengelolaan dana desa ini. Dan diharapkan dengan adanya acara ini Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kota Pariaman lebih memahami dalam pengelolaan keuangan desa sesuai dengan peraturan yang ada.

2. Walikota Pariaman menyampaikan bahwa dana desa telah ada sejak tahun 2015, hingga sekarang jumlah dana desa perdesa selalu meningkat dan ada yang mencapai sebesar 2 milyar di setiap desa. Untuk itu kita diarahkan oleh pemerintah pusat untuk membangun desa dengan menggunakan dana desa yang ada khususnya dalam pembangunan fisik.

3. Materi yang disampaikan oleh Kepala Seksi Bidang Intelijen adalah “Program Jaga Desa” Sosialisasi Pengawalan Pendistribusian dan Pemanfaatan Dana Desa

4. Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa ini adalah sebanyak 45 Orang Sekretaris Desa, 32 Orang Kepala desa, dan 221 Orang Perangkat Desa dengan jumlah total keseluruhannya adalah sebanyak 298 Orang.

5. Acara penyuluhan dan penerangan hukum dalam kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa tingkat Nn Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kota Pariaman berjalan dengan aman dan lancar. (**)