Persidangan Perkara Tindak Pidana Lingkungan Hidup a.n. Terdakwa Drs. RUSMA YUL ANWAR, M.Pd. di PN Padang Dengan Agenda Putusan

Pada hari Senin tanggal 02 Maret 2020 sekitar pukul 10.00 WIB di Pengadilan Negeri Padang dilaksanakan persidangan perkara Tindak Pidana Lingkungan Hidup Nomor 642/Pid.Sus/LH/2019/PN.Pdg a.n. Terdakwa Drs. RUSMA YUL ANWAR, M.Pd. dengan Dakwaan Kesatu Pasal 98 Ayat (1) UU No. 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kedua Pasal 109 UU No. 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dengan Agenda Persidangan Pembacaan Putusan.

Majelis Hakim dalam perkara tersebut diketuai oleh Hakim Ketua DR. Gutiarso, S.H., M.H, dengan Hakim Anggota I Khairulludin, S.H., M.H. dan Hakim Anggota II Agus Komarudin, S.H., M.H.

Jaksa Penuntut Umum yang hadir dalam persidangan tersebut berjumlah 4 (empat) orang yaitu :

  1. Heru Saputra, SH, M.Hum (Satgas SDA-LH Kejaksaan Agung RI.
  2. Agung Purwanto, SH (Satgas SDA-LH Kejaksaan Agung RI)
  3. Muslianto, S.H. (Kasi BB Kejari Pessel); &
  4. Monica Sevi Herawati, S.H. (Kasi Uheksi Pidum Kejari Pessel)

Terdakwa didampingi oleh Penasehat Hukum dari Kantor Hukum Sutomo & Rekan.

Pengunjung sidang yang hadir dalam perkara tersebut berjumlah ±50 (lima puluh) orang yang terdiri dari Keluarga & Kerabat Terdakwa, Kolega Terdakwa, Pendukung Terdakwa, Wartawan, masyarakat pemerhati lingkungan, dan pengunjung sidang dalam perkara lain, dll.

》Seyogyanya hari ini agenda persidangan adalah pembacaan Putusan, Namun Sehubungan dengan belum adanya kata mufakat dari Majelis Hakim, sehingga pembacaan putusan belum dapat dilaksanakan dan majelis menetetapkan sidang pembacaan putusan untuk ditunda.

》Untuk antisipasi keamanan telah disiagakan personil kepolisian dari Posekta Padang sebanyak 20 personil.

Sidang berakhir pukul 10.20 wib dan ditunda pada hari Jumat tanggal 13 Maret 2020 dengan agenda Putusan.