Program Jaksa Menyapa Kejaksaan Negeri Pesisir Selatan Pada Radio Republik Indonesia Padang

Bahwa pada hari ini Kamis tanggal 24 September 2020 pukul 09.00 Wib telah dilaksanakan kegiatan Jaksa Menyapa pada Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia Fm Padang.

Hadir dalam kegiatan tersebut sebagai narasumber Ibu Donna Rumiris Sitorus, SH, M.Hum (Kajari Pessel), Agustian, SH, MH ( Kasi Intelijen) dan Fredi Wiryawan SH (Kasi Pemeriksa) dipandu oleh Nadya & Dodik.
Bahwa tema yang diambil adalah Peranan Kejaksaan Negeri Pesisir Selatan dalam Pelaksanaan Pilkada 2020 dimasa pandemi covid 19.

Bahwa secara umum peran Kejaksaan sebagaimana diatur dalam UU No. 10 Tahun 2016 adalah Kejaksaan Tergabung dalam Sentra Penegakkan Hukum Terpadu.

Kejaksaan dalam tataran proses tidak bersinggungan langsung dg pelaksaaan Pilkada, Kejaksaan, Bawaslu dan Polri tergabung dalam sentra Gakkumdu sebagai pusat koordinasi dan komunikasi untuk memastikan pelaksanaan tahapan pilkada berlangsung tanpa adanya pelanggaran hukum dan jika kalaupun ada penindakan dan penegakan hukum akan menjadi tupoksi dari Sentra Gakumdu.

Bahwa Kejaksaan Negeri Pessel selalu terlibat dalam kegiatan koordinasi terkait pilkada dan perumusan kebijakan daerah terkait pilkada dan penanganan covid 19.

Bahwa dengan telah adanya kesimpulan bahwa Pilkada 2020 tetap dilanjutkan atau tidak ditunda maka menjadi suatu keharusan bagi semua yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada 2020 untuk mematuhi dan mengedepankan protokol kesehatan.