Publikasi Indeks Kerawanan Pemilu Kabupaten Agam

Pada hari Jum at sekira pukul 08.00 WIB s/d 10.00 WIB bertempat di Kantor Bawaslu Kabupaten Agam dilaksanakan kegiatan Publikasi Indeks Kerawanan Pemilu.

Bahwa yang hadir pada kegiatan tersebut adalah ketua Bawaslu Agam dengan didampingi oleh para koordinator, unsur kepolisian, TNI, wartawan, Kesbangpol Kejaksaan, KPU.

Bahwa yang dibahas dalam kegiatan tersebut terkait Pemutakhiran Indek Kerawanan Pemilu (IKP) yang dibuat Bawaslu masa pandemic Covid-19 sekarang dengan melakukan pembaharuan dalam pengukuran angka Indek Kerawanan Pemilu berdasarkan pemetaan empat (4) dimensi, yaitu: 1) Pemutakhiran kerawanan dalam dimensi konteks sosial dengan mengukur aspek gangguan keamanan seperti bencana alam dan bencana sosial, serta aspek kekerasan atau intimidasi pada penyelenggara.
2) Dimensi konteks politik dalam penyelenggaraan Pilkada 2020. Dalam hal ini yang diukur adalah keberpihakan penyelenggara pemilu, rekruitmen penyelenggara yang bermasalah, ketidaknetralan ASN dan penyalahgunaan anggaran.
3) Dimensi konteks dukungan infrastruktur daerah dalam situasi pandemi Covid-19. Pada dimensi ini Bawaslu mengukur dua aspek, yaitu dukungan teknologi informasi di daerah dan sistem informasi yang dimiliki penyelenggara pemilu.
4) Dimensi Konteks rawan pandemi Covid-19 dengan aspek yang diukur anggaran Pilkada terkait Covid-19, Data terkait Covid-19, dukungan pemerintah daerah, resistensi masyarakat terhadap penyelenggaraan Pilkada dan hambatan pengawasan pemilu akibat wabah Covid-19.