Sosialisasi Tentang Virus Corona di Kejari Padang

Pada hari Rabu tanggal 11 Maret 2020 sekira pukul 08.30 s. d 09.40 Wib bertempat di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Padang yang dihadiri oleh Kajari Padang, Ketua IAD Daerah Padang Pejabat Eselon IV, Pejabat Eselon V dan seluruh Pegawai Kejaksaan Negeri Padang, Ibu-Ibu IAD Padang,
Adapun yang bertindak sebagai narasumber yakni dr. Gentima, M. Kes Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Padang.

Acara di awali dengan Kata Sambutan dari Bapak Ranu Subroto, SH, M. Hum Kepala Kejaksaan Negeri Padang, yang pada pokoknya menyampaikan :

  • Ucapan terima kasih kepada Pemko Padang cq. Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang yang telah berkenan menyiapkan nara sumber dan memfassilitasi cek kesehatan bagi Pegawai Kejaksaan Negeri Padang.
  • Bahwa sebagaimana kita ketahui Virus Corona saat ini menjadi momok bagi manusia di hampir seluruh Dunia, termasuk Indonesia karena sangat cepat menular antar manusia
  • Oleh sebab itu kami melaksnakan sosialisasi tentang Virus Corona guna mengetahui seluk beluk tentang Virus Corona.
  • Kepada para pegawai dan Ibu-Ibu IAD daerah Padang saya minta untuk mengikuti sosialisasi ini secara seksama.

Acara dilanjutkan dengan Sosialisasi tentang Virus Corona oleh dr. Gentima, M. Kes Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Padang, yang pada pokoknya menyampaikan sebagai berikut :

  • yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.  Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.
  • Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).
  • Cara Penularan virus Corona Transmisi dari manusia ke manusia dan dari benda yang ke manusia. Solusinya jaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun anti septik.
  • Patogenesis : virus masuk ke salyran nafas atass replikasi di saluran napas atas lalu menyebar ke aaluran nafas bawah, pada infeksi akut virus juga dapat masuk ke saluran pencernaan menimbulkan diare, kemudian merangsang imun manusia.
  • Gejala : masa inkubasi 2 hari, tanda-tanda gejala ISPA ringan sampai berat, demam, batuk, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, letih, sakit kepala, nyeri otot sampai gangguan pernafasan akut seperti aesak nafas.
    Perlu diwaspadai pada usia lanjut akan sangat rentan terserang akut.
  • Pencegahan : Cuci tangan secara teratur, menerapkan etika batuk dan bersin, menghindari kontak dekat kepada siapapun yang menimbulkan gejala flu, batuk, demam. Menjaga stamina tubuh dengan meni gkatkan imunitas dengan banyak makan asupan bergizi, Istirahat yang cukup dan olahraga secara teratur.
  • Virus tidak tahan dengan udara panas, maka bagian dalam rumah harus terpapar matahari dengan membuka pintu dan jendela.

Dilanjutkan dengan sesi tanyajawab dan dilanjutkan dengan Scraning dan pemeriksaan kesehatan.